Selasa, 17 April 2012

Cara menambahkan html/javascript pada Blog kita.

Selamat Pagi semuanya. Pagi yang cerah kan? semoga semuanya sehat dan baik-baik saja hari ini. Pada posting ini saya akan membahas mengenai mengenal bagaimana caranya menambahkan kode fungsional atau biasa disebut dengan html/javascript ke Blog kita. Sebelum mengenal terlalu jauh kita harus mengetahui dan mengenal apa itu javascript. Javascript yaitu bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT(Dikutip dari Wikipedia). Mungkin definisi seperti itu masih sangat membingungkan anda,maka saya berikan definisi dari kode html/javascript. Html adalah singakatan dari HyperText Markup Languange yaitu bahasa pemrograman utama dalam pembuatan website, keterlibatan HTML tetap diperlukan walaupun website yang dibuat full flash. Contoh Html atau coding html adalah seperti ini :

* Dikutip dari searching di google.com




Sekarang kita beralih kepada javascript. Javascript terdiri dari dua suku kata, yaitu Java dan Script. Java adalah Bahasa pemrograman berorientasi objek, sedangkan Script adalah serangkaian instruksi program. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa Javascript adalah serangkaian instruksi program yang berasal dari bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek dalam web. Ini contoh dari Javascript :


Setelah tahu apa itu Html apa itu Javascript maka sekarang kita sudah siap untuk menambahkan kode html/javascript kedalam blog kita. Javascript ini banyak kita jumpai dalam pencarian di internet. Biasanya html/javascript ini dimulai dengan tanda "<" contoh "</div>","</center>" dan lain-lainnya. Pada posting ini kita mengambil satu contoh yaitu contoh dari kode javascript lagu. Untuk apa ini? Gunanya agar pembaca blog kita bisa mendengarkan lagu dan tidak jenuh apabila sedang melihat blog kita. Kita ambil dari 4sha**d.com yaitu lagu Gorillaz - Feel Good Inc.



Kode yang kita ambil dari kode html/javascript lagu tersebut bila diuraikan akan seperti ini :

<embed src="http://www.4shared.com/embed/159553825/d831897c" width="420" height="250" allowfullscreen="false" allowscriptaccess="always" type="application/x-shockwave-flash"></embed>
Lihat kode awalnya yang dimulai dengan kode "<" kode untuk play lagu disini biasa kita jumpai pasti memliki <embed> dan diakhiri </embed> karena ini gunanya untuk memunculkan playlist yang berfungsi memutar lagu pada blog kita. Apabila anda masih bingung lihat saja gambar dibawah ini bagaimana caranya saya mendapatkan kode seperti ini.


Hati-hati terjebak dalam mencari kode html/javascript untuk memutarkan lagu dalam blog kita. Ingat saja kata "Embed" dalam kode html/javascriptnya. Kita juga bisa mencari kode embednya dari pencarian di google.com. Jika sudah dicopy pergi ke "TATA LETAK" dan klik "TAMBAH GADGET" pilih "HTML/JAVASCRIPT".


Copy kode tadi kedalam kolom konten yang sudah tersedia. Dan beri judul sesuai judul lagu yang kita pilih. KIta sekarang sudah bisa menambahkan kode html/javascript kedalam blog kita. Apabila anda ingin memperdalam ilmu anda mengenai suatu blog ikuti saja Babastudio.com disana anda kan mendapatkan pelatihan yang sangat bermanfaat untuk pengetahuan anda. Oia,apa itu Babastudio? Babastudio adalah perusahan yang berdiri dalam bidang konsultasi IT, agar anda lebih mengerti dan tertarik mengikuti pelatihan di babastudio.com lihatlah review berikut :

Babastudio adalah suatu perusahaan yang mendalami atau bergerak dibidang IT. Babastudio juga merupakan tempat konsultasi dan pelatihan mengenai hal yang berhubungan dengan IT. Babastudio berdiri pada tahun 2003. Lalu,Babastudio pada tahun 2009 telah resmi menjadi perusahaan yang berbadan hukum yang bernama PT.BABA (Bhakti Karya Buana Abadi).

VISI BABASTUDIO :
Menjadi perusahaan Teknologi Informasi yang dapat dibanggakan di Indonesia dan diakui oleh Dunia.

MISI BABASTUDIO :
* Mensosialisasikan pemanfaatan Teknologi Informasi kepada masyarakat Indonesia
* Menciptakan produk dan jasa dalam bidang Teknologi Informasi

PAKET PELATIHAN :
* Webmaster
* Animasi
* PHP Master
* Toko Online
* Internet Marketing
* Web Designer
* Proffesional Corporate

BABASTUDIO juga sering diundang menjadi pembicara dalam seminar dan workshop diberbagai tempat,seperti :
* Sebagai pembicara seminar "Graphical Multimedia Application" di Universitas Bina Nusantara, Jakarta pada tanggal 27 Mei 2007.
* Sebagai pembicara seminar "Website Development Technique" di Universitas Brawijaya, Malang pada tanggal 9 Desember 2006.
* Sebagai pembicara Seminar "You're In The Right Track " di HMIF STT Telkom, Bandung pada tanggal 27 Agustus 2006.
* Seminar & Exhibition of Design & Animation pada tanggal 6 s/d 8 Juni 2005, Baba Studio bekerjasama dengan Universitas Trisakti mempersebahkan pembicara-pembicara profesional, sponsor dan promosi di berbagai media televisi..
* Seminar & Workshop di IPEKA High (Puri) dari tanggal 24 s/d 29 Pebruari 2005 dalam rangka ICC (IPEKA COMPUTER COMPETITION).
* Professional Workshop Making Digital Video with Flash MX pada tanggal 23 Juli 2003, bekerjasama dengan Elex Media Komputindo.

LOKASI BABASTUDIO :

BABASTUDIO

Taman Cosmos Blok C no. 29. Jakarta
Barat 11520, Indonesia.
Phone: (62-21) 565 96 28 , 927 87 164 
Fax: (62-21) 569 42 785



Jadi,untuk apa lagi kalian menunggu untuk membuat sebuah Website? Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari membuat sebuah website yang nanti akan diulas pada posting selanjutnya. Babastudio lah tempat pelatihan yang pas untuk anda. Membuat website menjadi lebih mudah karena Babastudio. Sampai jumpa :).


2 komentar:

  1. thanks info nya mas bro.,3bsolution.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak mas, mantab banget dah tutorialnya..

    http://tokoonlineobat.com/obat-insomnia-alami/

    BalasHapus

Komentar anda mungkin tidak langsung dibalas,karena saya jarang sekali online.
Tetapi terima kasih atas perhatiannya pada blog saya.