Sabtu, 14 April 2012

Tips membuat sebuah blog yang baik dan friendly.

Pada posting ini saya akan menjelaskan tentang "Bagaimana caranya membuat BLOG yang baik dan friendly". Disini ada beberapa tips untuk anda para blogger yang ingin blog nya disanjung oleh orang yang mengunjungi blog anda. Posting ini saya buat sendiri yang mengambil bahan dari pendapat blog-blog lain juga tentunya. Check This Out !

Dibawah ini ada point-point yang perlu diperhatikan agar BLOG kita baik dan friendly untuk pengunjung :


1. Jangan membuat BLOG kamu berat.
Terlalu banyak widget,animasi,flash ataupun terlalu banyak iklan akan membuat blog kamu berat. Javascipt yang terlalu banyak,membuat kecepatan internet untuk memuat blog kamu semakin lambat. Maka dari itu mulai sekarang jangan memakai terlalu banyak widget yang tidak penting sekalipun itu bagus. Jangan juga kamu memberikan terlalu banyak gambar yang membuat proses loading juga berjalan semakin lambat. Kalau bisa kamu compress code html page blog kamu dengan suatu tool yang berfungsi mengompress data data html tag yang terlalu banyak dan tidak penting. Jika kamu sulit menemukannya atau mencobanya bacalah artikel yang saya punya disini.

2. Jaga kesopanan dalam menulis artikel.
Apa yang dimaksud dari point ini? adalah kita harus menajaga etika,sopan santun dalam membuat suatu artikel/postingan. Bukan berarti kita selalu menggunakan bahasa resmi,justru yang seperti itu akan membuat pengunjung bosan. "Lalu yang bagaimana?". Yap pasti itu adalah pertanyaan yang terbersit di pikiran para blogger. Yang harus kita lakukan adalah buat pengunjung senyaman mungkin dengan artikel yang kita tulis tidak menggunakan bahasa yang slang dan kurang sopan tetapi membuat pengunjung nyaman dan menanggapi artikel yang sudah kita buat dengan susah payah.

3. Konsisten dengan konten yang diberi.
Yang dimaksud disini adalah kita harus menentukan konten seperti apa yang akan kita berikan kepada para pembaca dan pengunjung blog kita. Misalnya, apabila blog kita tentang software terbaru software jenis apa yang kita akan berikan. Tentukan tema yang akan di angkat. jangan seperti blog saya ini saya masih bingung akan tema yang mau saya angkat di blog ini.

4. Gunakan kalimat yang efektif.
Yang dimaksud disini adalah jangan menggunakan kata yang berulang-ulang dalam suatu artikel. Pastinya,itu membuat jengkel para pengunjung yang melihat dan membaca isi artikel blog anda.

5. Jangan gunakan template yang desainnya terlalu "ramai".
Justru apabila anda menggunakan template yang terlalu "ramai" anda tidak disukai para pembaca dan pengunjung lainnya. Karena,itu membuat pengunjung semakin bingung dengan desain yang anda berikan. Dan karena itu akan membuat proses loading page blog anda semakin lama. Gunakanlah yang sesuai dengan tema dan menarik bukan yang "ramai".

6. Tampilkan konten-konten yang menarik dan belum pernah di posting oleh blog lainnya. 
Memang sebagian blogger memiliki kendala pada hal ini terutama saya. Saya juga sulit menemukan hal yang belum pernah diposting oleh blog lainnya. Tetapi dengan usaha dan kerja keras pasti kita bisa menentukan dan membuat posting baru yang bermanfaat dan mungkin saja bisa menjadi contoh untuk blog-blog lainnya.

7. Jangan terlalu banyak memasang iklan.
Terlalu banyak memasang iklan akan membuat loading page semakin berat dan tentunya membuat pengunjung merasa malas untuk kembali karena harus klik "close" pada iklan-iklan yang ada di blog kita.

8. Buatlah suatu yang berkesan dari BLOG kita.
Jangan biarkan orang lain datang dan pergi begitu saja dari blog kita tanpa kesan apapun. Carilah suatu warna berbeda yang bisa kita tunjukkan agar pembaca dan pengunjung BLOG kita nyaman dan senang apabila mengunjungi blog kita.

Sebenarnya masih banyak lagi point-point yang perlu diperhatikan  dalam membuat suatu blog yang friendly dan baik untuk para pembaca setia blog kita. Tetapi sampai sini saja saya rasa cukup dan terima kasih. Salam :).

10 komentar:

  1. suatu tip yang menarik dan bermanfaat bagi pemula. saya cuma nambahin bro, tulis artikel dengan singkat dan jelas, kompress css dan html untuk meringankan loading blog. untuk masalah artikel atau konten itu tergantung dari apa yang ingin ditulis dan usahakan menarik. namun untuk bersaing di serp itu tergantung kinerja seo on page yang diterapkan. maaf ya, ini hanya tambahan saja. salam persahabatan blogger dan ditunggu kunjungan baliknya. makasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih sobat blogger. Iya sudah dikompress kok,terima kasih sarannya. Iya betul,tidak terlalu masalah tetapi kan tidak ada salahnya jika kita menjadi terbiasa akan postingan milik kita sendiri. Mbah google juga ga akan bohong kan? mana yang copas mana yang asli. Pasti yang asli berada pada urutan atas(tidak semua memang). Ini untuk agar para pemula menghilangkan kebiasaan copas dari blog orang saja kok :). Iya terima kasih banyak ya. Saya sangat senang dengan saran sobat,sering-sering berkunjung ya.

    BalasHapus
  3. wah dah tambah jago brother ini!! he he he mantep!!, banyak hal memang yg di ajarkan dari blog asal kita sering posting!! dateng dech pelajaran satu, satu, satu tambah tahu tambah semangat seep salam semangat brother .. !!

    BalasHapus
  4. Hehehe bisa saja nih Mas Depalpiss :D,Amin. Iya tetapi saya juga masih butuh banyak pembelajaran Mas :D. Mohon panduannya ya? hehe. Iyap salam semangat juga semoga grupnya semakin banyak yang mengisi,Amin. Oia masih dengan blog yang waktu itu Mas Depalpiss?

    BalasHapus
  5. sama2lah kita belajar brother, sory dah lama ngga mampir lagi banyak kerjaan! he he! sekalinya ada waktu cuma sempet posting doangan he he he! seep semangat lagia aahh he he he

    BalasHapus
  6. Iya gapapa Mas Depalpiss. Iya mohon follownya dong,hehe biar mas depal ga susah nyari url blog saya,hehe. Iya gpp keep spirit :D

    BalasHapus
  7. nitip nama saja yah,,,, agar bisa tenar hehehe

    BalasHapus
  8. silahkan,follownya juga hya mas ihsan

    BalasHapus
  9. kunjungan balik, salam kenal...

    BalasHapus
  10. Salam kenal juga Ka Putu ^^. Maaf jika saya sok kenal.

    BalasHapus

Komentar anda mungkin tidak langsung dibalas,karena saya jarang sekali online.
Tetapi terima kasih atas perhatiannya pada blog saya.